Dalam kurun waktu kurang lebih dua bulan ini, Indonesia dihadapkan dengan mewabahnya virus Covid-19 yang mengancam kesehatan masyarakat. Hal ini menjadi momok kecemasan bagi seluruh masyarakat karena penyebarannya yang sangat cepat ditambah vaksinnya masih belum ditemukan. Sampai saat ini Indonesia masih berupaya keras melawan penyebaran virus tersebut dengan berbagai cara, salah satunya dengan penerapan Physical Distancing.


Pemberlakuan Physical Distancing berdampak pada segala bidang kehidupan termasuk dalam proses pendidikan. Kegiatan belajar-mengajar yang biasa dilakukan di sekolah atau kampus diliburkan dan diganti dengan sistem pembelajaran online.

Sebagai pendidik, selain memfasilitasi siswa memahami materi pelajaran melalui sistem online, hendaknya kita memberikan pengetahuan kepada siswa mengenai virus Covid-19 yang sedang mewabah saat ini. Hal ini tidak lain agar siswa juga mengetahui apa dan bagaimana tindakan yang bisa dilakukan sehari-hari agar terhindar dari virus tersebut.

Salah satu cara yang bisa disiasati guru yakni dengan memberikan tugas projek berupa membuat poster cegah Covid-19. Siswa akan aktif mencari informasi dari berbagai sumber dan menuangkannya ke dalam bentuk gambar dan tulisan. Selain menjadi cara yang tepat untuk memberikan pemahaman siswa mengenai Covid-19, kegiatan ini juga dapat mengasah kreativitas siswa dalam berekspresi.

Berikut beberapa karya poster cegah Covid-19 dari siswa kelas VB SDN 1 Sungai Besar Banjarbaru Kalimantan Selatan.

Salmaa Aqilah


Jihan Talita Zahra

Raisa Noor Rahma Az-Zahra

Nadin Fadhilatul Rahman

Putri Eka Wahyuni

Elika Kenzie Nathania







Comments